Archive Pages Design$type=blogging$count=7

13 Persen Produksi Petani di Bunga Raya Terselamatkan Mesin Panen

BERITA SIAK, BUNGA RAYA - Penggunaan mesin panen bagi para petani memiliki dampak yang besar terhadap total produski mereka. Sebelumnya, dengan sistem panen manual, petani harus kehilangan 13 persen dari produksinya, karena harus membayar upah panen dengan buruh tani.

http://www.kabarsiak.com/
Menyikapi ketidakpastian total produksi gabah setiap panennya, petani atas dukungan pemerintah memakai mesin panen, dan terbukti mampu mendongkrak total produksi gabah dalam per hektar sawah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertanian Kecamatan Bungaraya, H Suwanto kepada media, Selasa (1/3/16) menyebutkan bahwa penggunaan mesin panen di Bungaraya diawali adanya bantuan satu unit mesin panen terbaru pada tahun 2013.

“Sedianya keinginan petani dalam penggunaan mesin panen sudah cukup lama, mengacu saprodi pertanian yang terus maju. Namun kita cegah mempertimbangkan keberadaan buruh tani,” terang Suwanto.

Namun desakan terus menerus, dan imbas sulitnya mengukur hasil produksi gabah petani, karena mereka membayar buruh tani juga menggunakan gabah yang dipanen, membuat kebutuhan dengan mesin panen dipertimbangkan.

Awalnya Jumlah Mesin Panen ada sekitar delapan unit yang ada di Kecamatan Bungaraya, namun hanya satu bantuan Pemkab Siak dan selebihnya adalah swadaya dari Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani).

“Kajian kami adalah peningkatan penghasilan untuk petani, jika menggunakan panen manual petani bisa kehilangan 13% penghasilan karena membayar upah buruh tani,” urainya.

Kondisi sosialnya, juga tidka berdampak, karena upah buruh tani tidak terdeteksi dikemanakan gabah hasil kerja mereka selama menjalankan buruh tani. Sulit menghitung. Karena petani melaporkan hasil produksinya sesuai jumlah bersih saja, setelah pemotongan bagian untuk buruh tani yang jumlahnya cukup banyak di Bungaraya.

Namun disayangkan peningkatan hasil pertanian ini juga tidak diikuti dengan meningkatnya pendapatan bagi buruh pertanian, karena posisi buruh tani tetap hidup dalam garis kemiskinan.

Seoroang buruh tani, Santo mengaku sangat berdampak terhadap pendapatan keluarganya sebagai buruh tani, sejak penerapan mesin panen bagi petani. Karena mereka kehilangan pekerjaan.

“Adanya mesin panen membuat kami kehilangan pekerjaan dan pendapatan jadi berkurang. Biasanya kami ikut manen dapat satu atau dua karung yang nilainya bisa Rp300 ribu sekarang nyari Rp30.000 pun susah,” kata Santo salah seorang buruh.

Posisi keberadaan buruh tani, seiring luas persawahan di Bungaraya, sudah tidak sebanding dengan jumlah penduduk. Banyak warga yang tidak lagi memiliki lahan persawahan. Dan sudah cukup banyak petani di Bungaraya kehilangan sawah, karena harus menjualnya saat ada kebutuhan mendesak, baik berkenaan dengan sakit, pendidikan anak, kebutuhan mendesak lainnya.(jim)
Name

Advertorial Aulia Hospital Berita Riau Berita Siak BRK Budaya Bunga Raya Dayun Ekonomi Hukum Kabar Siak KabarSiak Kandis Kerinci Kanan Kesehatan Kesra Koto Gasib Lingkungan Mempura Minas Perawang Pilihan Pilkada Riau Pilkada Siak Politik Portal Berita Siak Pusako Sabak Auh Siak Siak Kecil Siak Sri Indrapura Sosbud Sungai Apit Sungai Mandau Tualang
false
ltr
item
Berita Siak: 13 Persen Produksi Petani di Bunga Raya Terselamatkan Mesin Panen
13 Persen Produksi Petani di Bunga Raya Terselamatkan Mesin Panen
https://2.bp.blogspot.com/-rrtjPrKwbwY/VtV6_xGvW4I/AAAAAAAAEBQ/9vB0E2WTuuY/s400/Panen%2BPadi%2B-%2BKabarSiak.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-rrtjPrKwbwY/VtV6_xGvW4I/AAAAAAAAEBQ/9vB0E2WTuuY/s72-c/Panen%2BPadi%2B-%2BKabarSiak.jpg
Berita Siak
http://www.beritasiak.com/2016/03/13-persen-produksi-petani-di-bunga-raya.html
http://www.beritasiak.com/
http://www.beritasiak.com/
http://www.beritasiak.com/2016/03/13-persen-produksi-petani-di-bunga-raya.html
true
4336730943832036936
UTF-8
Berita Tida Tersedia LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal Membalas Hapus By Home PAGES POSTS Lihat Semua BERITA TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POSTINGAN Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock